Persepsi tersebut juga di dorong dengan pemahaman dan pemberitaan di sekitar kita yang memberikan informasi yang salah tentang kandungan makanan yang sehat dan tidak tersebut.kadang seperti baik untuk di konsumsi tapi ternyata tidak,atau sebaliknya kita sangka buruk untuk tubuh kita padahal itu sangat berguna.

Berikut ini adalah 10 mitos tentang makanan yang ada di sekitar kita:
Sayuran segar lebih bergizi dibandingkan sayuran beku.
Sebenarnya, sayuran beku lebih cenderung segar untuk bertahan pada vitamin mereka pada saat mereka di sajikan pada piring Anda. Sayuran mulai kehilangan vitamin mereka segera setelah mereka diambil, tapi sayuran beku dan kaleng biasanya diproses dekat dengan lapangan dengan proses pemanasan yang cepat untuk menghentikan pembusukan. Vitamin dalam sayuran kalengan cenderung larut ke dalam cairan, sehingga tidak menguras itu dari cairannya.
Sayuran yang dipilih untuk diproses ,sering dipilih yang lebih matang dari sayuran segar biasa, dan ini meningkatkan kandungan vitamin mereka juga.
Makanan yang dipanggang dengan ‘tidak ada minyak tropis’ lebih sehat.
Makanan yang dipanggang tanpa minyak tropis mengandung lemak pengganti yang sama buruknya untuk tingkat kolesterol darah Anda. Sebuah produk yang mengatakan “terbuat dari 100% minyak nabati” adalah memberikan jaminan palsu.
Ayam adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada sapi.
Petani penangkaran hewan ramping hari ini,padahal beberapa potongan daging sapi hampir sama rendah lemaknya sebagaimana ayam. Bagaimana daging yang sehat tergantung pada bagaimana cara Anda mempersiapkan dan memasaknya.
Mencuci buah-buahan dan sayuran menghilangkan pestisida.
Tidak juga. Anda mungkin menghilangkan beberapa kotoranya , tapi butuh menggosoknya dengan air sabun untuk menghilangkan pestisida yang digunakan petani.
Kerang adalah buruk bagi jantung Anda.
Kerang yang sarat dengan kolesterol, tetapi sangat rendah dalam lemak jenuh. Lemak jenuh lebih buruk bagi Anda daripada kolesterol.
Makanan asin meningkatkan tekanan darah.
Empat dari setiap lima orang bisa makan garam sebanyak yang mereka inginkan tanpa meningkatkan tekanan darah mereka. Tentu saja, sulit untuk mengetahui apakah Anda adalah  satu dari lima orang yang sensitif garam.
Margarin kurang lemak daripada mentega.
Yang benar adalah, satu sendok makan margarin dan mentega keduanya memiliki 100 kalori. Mentega tidak memiliki banyak lemak yang sangat jenuh, yang mungkin meningkatkan kolesterol Anda sedikit lebih dari “asam lemak trans” yang ditemukan di margarin.
Pil vitamin memberi anda energi.
Hanya karbohidrat, lemak, protein dan alkohol memberi Anda energi.
Gula adalah buruk bagi Anda.
Tepung makanan dan buah-buahan kering menempel pada gigi Anda dan menyebabkan pembusukan lebih dari gula . Makanan berlemak membuat Anda mendapatkan berat badan lebih dari makanan manis karena lemak memiliki kalori lebih dari gula, dan terlepas dari keluhan orangtua, gula tidak membuat anak-anak Anda hiper.
Ini hanya beberapa mitos makanan. Ada banyak lagi.Percaya atau tidak silahkan di pikirkan..