Label

fakta dunia (191) internet (9) other (21) teknologi (17) TIPS TRIK (56)

Sabtu, 24 September 2011

Google Akui Sebarkan Malware


Google Akui Sebarkan Malware
Siapa bilang semua milik Google aman? Saat Google Safe Browsing memeriksa Google.com, layanan milik Google itu menemukan 50 halaman terindentifikasi sebagai software berbahaya yang bisa dengan mudah didownload dan diisntall tanpa sepengetahuan user.

Layanan Google Safe Browsing menggunakan jaringan Google yang sangat luas untuk mencari bukti dari penyebaran malware di network miliknya. Temuan yang didapat nantinya akan digunakan untuk memblokir situs-situs yang dicurigai sebagai penyebar malware.

Lalu, apa yang terjadi saat Google menginspeksi situs miliknya sendiri; Google.com? Anda bisa melihat apa yang ada di Google.com di halaman Safe Browsing Diagnostic yang dijelaskan sbb.:



Fakta di atas sebenarnya bukan hal mengejutkan terutama bagi mereka yang mengikuti perkembangan dan penyebaran malware. Pihak-pihak tersebut sengaja menjadikan Google search sebagai target dengan cara memasukkan situs mereka dalam hasil pencarian Google. Dan hasil dari Google Search merupakan hal utama yang menyebabkan Mac Defender menyerang pengguna Mac di bulan Mei dan Juni lalu.

Fakta bahwa malware bisa didownload dan diinstall tanpa sepengetahuan user adalah hal yang mengerikan. Namun masih beruntung karena malware itu hanya ada dalm 1 page untuk setiap 50.000 hasil pencarian di Google Search.

Sebagai perbandingan, terakhir kali ditemukan malware di search engine Bing pada 29 Agustus 2011. Sementara di Google.com masih ditemukan malware siang ini (23 Sept). Namun perlu dicatat hasil pencarian Bing memang tidak terlalu akurat dan jauh dari sempurna.

Memang Anda tidak boleh mengandalkan Google dalam semua hal. Intinya, jangan sembarangan membuka situs mencurigakan hasil pencarian Google Search ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar